THIFAN PO KHAN YANG ASLI

Muhammad_Alfatih_2 (komunitas Dudung.Net):
"yg ana tau katanya ada tiga aliran di indonesia:
1.thifan po khan yang masih asli
2.thifan aliran tsufuk
3.thifan PTI
mana yg bener tuh?"

annathayakeishka (komunitas Dudung.Net):
"jawabannya yang bener adalah....ga ada yang salah, bedanya cuma metode aja....yang satu metode lama, yang satu metode baru, yang ketiga metode baru lagi... yang tsufuk yang metode baru...."

Muhammad_Alfatih_2 (komunitas Dudung.Net):
"memang masing2 metodenya seperti apa?"

annathayakeishka (komunitas Dudung.Net):
Kalo metode asli thifan pokhan: syarat masuknya adalah kalangan bangsawan (khan), memiliki pemahaman agama, hapalan qur'an dan hadist dalam jumlah tertentu. Konon
katanya harus hafidz Qur'an dan hapal 1000 hadits. Terdiri dari 12 tingkatan, 6 tingkat dasar dan 6 berikutnya tingkat pendekar. Metode latihannya 4 s.d 6 jam per hari dibagi 2 pagi dan sore. Tempat latihannya seperti kuil shaolin/pesantren dimana tamid bukan hanya melatih fisik tetapi ilmu agama dan lain2 pun tdk kalah penting utk diajarkan. Di lanah/tmp latian itu tentu terdapat semua jenis senjata2 dlm thifan paling ga ada 12 jenis.
Metode latiannya ada yg sparring di tepi tebing , di tepi laut dan di atas tonggak. Kemudian berjalan jauh 100 mil, panjat tebing, latian membaca jejak, dll. Krn tamid2 (murid) dr golongan mampu tentunya ga masalah donk tiap hbs latian potong kambing alias makanan dan gizi terjamin. Lulusan dari thifan akan menjadi laksamana atau panglima perang.
Tentunya mereka belajar kitab strategi perang shenzo, tebal2 16 jilid. Isinya tentang strategi pengaturan pasukan, dll. Di kitab itu teknologinya baru sampai senjata meriam ledak. Seorang guru pd saat itu adalah orang yang sudah pernah memimpin pertempuran dalam jumlah tertentu konon katanya jika sudah memenangkan 1000 pertempuran.

nah itulah thifan pokhan yang asli ....

Kalo metode sblm tsufuk lahir, pengalaman dr senior2 yg pernah merasakannya :
pertama latiannya cukup keras. Terkadang tahun pertama ga dikasih jurus cuma latian fisik dulu. metodenya msh 12 tingkat. latian seminggu sekali, lama latian sekitar 4 jam. 2 jam pertama adalah senam yg terdiri dr bbrp bagian. Yang masih eksis itu seragam yang warna biru dan yang warna putih lembayung seperti kulit telur asin. Yang lain mungkin masih ada.

Tahun 90-an kepemimpinan thifan diserahkan ke ust habib oleh ust marzedek (ketua sebelumnya). Berbagai lanah thifan dan taesyukhan berafiliasi ke sini. Kemudian lahirlah thifan pokhan lanah tsufuk utk menandakan thifan yg asli/galur murni dari ust marzedek dgn yg lain yg mengaku2 thifan pada saat itu dan ini adalah usulan ust marzedek sendiri. Kemudian, utk menandai bhw ini cabang/afliasi di indonesia dan bukan mengaku sebagai afiliasi seluruh thifan pokhan yang ada di dunia yg mungkin berbeda.

Kemudian ust habib mengubah metode latian sehingga lebih cocok utk orang sekarang, orang yg bekerja, mahasiswa dan org yang masih beraktifitas lainnya. Fokusnya adalah pada jurus /teknik. lama latian menjadi 2 jam tapi bisa 2x seminggu ditambah PR di rumah. Latian fisik dikurangi, pushup, skot jump dihapus. Salto, baling2, lompat harimau tidak dianjurkan utk orang dewasa. senam dibuat lebih ringan. Tingkatan diubah menjadi metode BAB. Bab 1 : khusus jurus2 pukulan, Bab 2: tendangan s.d Bab 5. Setelah itu masuk senjata.

Walaupun metodenya lebih ringan, tetap aja bbrp org mengatakan masih berat. Bbrp org tdk sabar misal latian Bab 1 : mukuuuul terus sampe setahun. Sekitar tahun 2002 lahir tahap tsenkay sebagai pendahuluan seluruh bab yg berisi jurus2 thifan dari bab1 sampai akhir. Jadi blj daftar isi dulu kalo di tsufuk seragam latiannya warna merah dengan strip hijau. Lambangnya tulisan dan gambar tsufuk.

Beberapa yg tidak setuju dengan perubahan itu keluar dan kembali pada metode lama. Pada tahun 2005 bbrp orang di tsufuk mendirikan PTI dengan tujuan utk mengayomi seluruh aliran thifan. Akan tetapi PTI sendiri akhirnya menjadi aliran baru. Setau ane metodenya masih metode Bab dengan bbrp perubahan. Lama latian dibuat paket 4 tahun selesai dan sang tamid bisa mendirikan lanah baru. Seragamnya spt tsufuk namun warna merah diganti hijau dan stripnya hitam.

nah .... sekarang yang penting semuanya tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan fastaa bikul khoiraat ... terserah bagi antum-antum cocoknya dimana.


9 komentar:

Ebook mengatakan...

Menurut saya pendapat diatas kurang benar, sebenarnya ada banyak aliran yg tersebar, didaerahku saja ada 4 aliran sejenis;
- Thifan Po Khan
- Tae Syukhan (yg beraliran ORLUQ)
- Tsufuk, dan
- Bahroi

Unknown mengatakan...

kalo dibandar lampung ada gak ???

Agung tri mengatakan...

oke banget infonya

Zaid I.A. mengatakan...

Kalo shurul khan itu masuk ke mana?

Zaid I.A. mengatakan...

Kalo shurul khan itu masuk ke mana?

Unknown mengatakan...

Mo tanya. Harga seragam thifan berapa...?

Unknown mengatakan...

Mo tanya. Harga seragam thifan berapa...?

Anonim mengatakan...

Tidak benar bahwa PTI merupakan aliran baru, sejarah berdirinya PTI adalah adanya keinginan untuk mengembalikan Thifan sesuai kitab aslinya dan ini juga yang di inginkan oleh alm. ust. Marzededek Rahimahullah, PTI mengkaji kitab Thifan di bawah bimbingan almarhum. cmiiw (http://thifanpokhan.org/lanah/sejarah-pti/)

Yahmin Al Jaawy mengatakan...

Nah itu yg asli ygvada snadnya dg ust masrsedek, klo cerita diatas angat berbeda yg diceritakan ust romli senior thifan yg asli

Posting Komentar