KENAPA MESTI THIFAN - PUTERI GADING?

kenapa mesti puteri gading? ok, sekarang saya akan beritahu sekilas tentang PUTERI GADING ini :

Puteri gading adalah cabang atau sub divisi dari olah raga bela diri Thifan Po Khan aliran Tsufuk. Tampaknya saat ini seorang wanita pun perlu mempelajari ilmu bela diri, bukan hanya untuk melindungi diri saja tapi juga untuk kesehatan. Dengan mempelajari ilmu bela secara tidak langsung kita melatih saraf - saraf motorik agar mempunyai gerak  refleks dengan cepat. Syarat utama agar kita mendapat gerak refleks yang cepat  adalah latihan secara rutin. Selain itu latihan secara rutin dapat memperlancar peredaran darah dan membuat jantung sehat. 

 
Namun biasanya mendengar kata bela diri para kaum hawa membayangkan sosok akhwat yang maskulin. Tapi tidak dengan puteri gading. Karena bela diri ini disesuaikan dengan fitrah akhwat agar tidak terbawa ke arah maskulin. Misalnya saja dari segi jurus, untuk tamid wanita (puteri gading thifan) jurusnya akan berbeda dengan jurus tamid pria (thifan po khan tsufuk). Hal ini dikarenakan ada perbedaan struktur maupun psikologis antara pria dan wanita. Untuk tifan terdiri dari 36 jurus Tsen key (tingkatan), tiap tsen key terdiri dari 6 jurus. Kemudian 7 Bab teknik asahan tangan dan kaki setelah itu dilanjutkan dengan teknik senjata yang terdiri dari Teknik senjata Liqud (samurai), Teknik senjata Toya, Teknik senjata Pedang Satu, Teknik senjata Pedang Dua, dan Teknik senjata Golok.Untuk menguasi semua materi diperlukan waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk puteri gading mempunyai dua tingkat, yaitu PG 1-2, PG 1 terdiri dari jurus 1 - 12 yang merupakan teknik dasar pukulan, tangkisan, tendangan kemudian PG 2 terdiri dari jurus 13 - 25 yang merupakan variasi gerakan (lebih kompleks dari PG 1), selanjutnya tamid akan belajar senjata mulai dari tongkat (diganti jadi pisau) hingga pedang. (muslimahthifan-upi.blogspot.com)

Sumber:
Tiara febriani, http://ciungiung.blogspot.com/2010/10/ciiiiaaaattt.html

6 komentar:

Azure mengatakan...

thifannya lanah mana ukh??

Rafi Raja mengatakan...

Lanahnya di SDIT Insan Aulia Mustika jaya Bekasi dan ada latihan tambahan di lanah persiapan di Masjid Agung Alhidayah Perumnas-3 Bekasi Timur. Lebih Jelas baca di Menu Pelatihan di atas atau http://beladirithifan.blogspot.com/search/label/PROGRAM%20LATIHAN%20ANGGOTA%20BARU
Jazakkalah

Admin Beda mengatakan...

PERUBAHAN TEMPAT LATIHAN:
Utk lanah SDIT Insan Aulia dipindah ke GOR Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Jadwal latihan tiap Ahad bada ashar

Unknown mengatakan...

adakah pelatih putri gading untuk bisa mengajar wilayah bekasi (harapan indah)?

Unknown mengatakan...

Itu engga mesti muridnya dari SDIT Insan Aulia?apakah orang luar boleh ikut?

Unknown mengatakan...

Itu engga mesti muridnya dari SDIT Insan Aulia?apakah orang luar boleh ikut?

Posting Komentar