AHMAD SYIHARANI (PENYUSUN KITAB THIFAN)

Giant Mongol 1922
Diskusi Tentang Badur Ahmad Syiharani

1. kalo saya sih penasarannya sama Badur Ahmad Syiharani,...siapa beliau ini..?
soalnya kalo dilihat dari namanya aja bukan kaya nama2 turki ato mongol ato china, lebih mirip nama India atau melayu.

lagian tokoh satu ini hebat banget sampe bisa mempelajari 9 aliran shuhrulkhan, terus mengumpulkan hikayat para pendekar dari zaman beratus tahun sebelum beliau,..abis itu dikaji lagi dan dibagi 2 buat yang berbadan besar sama yang berbadan kecil...



2. Penyusun Kitab Thifan dan Zodham , Syiharani bukannya adalah bahasa urwun yang artinya "You Know who I Am " atau "Kau tahu Siapa Aku"


Yang jadi misteri memang bagaimana beliau atau mungkin mereka (bbrp orang) mengumpulkan kembali ilmu surulkhan ini. Btw Apakah memang ada infonya kalo Syiharani mengumpulkan dari 9 murid terakhir Badur Je'nan? Bagmn dia mencari dan menemukannya ya?

Badur Ahmad Syiharani
Inilah sang penulis Kitab Zhodam, selain itu ia juga menulis kitab Jurus (Thifan Pokhan dan Syufu Taesyukhan) dan juga kitab pengobatan Thifan.

Ialah tokoh yang berhasil mengumpulkan aliran Shurulkhan yang terserak dan menjadikannya 2 aliran yaitu Thifan Pokhan/ kepalan bangsawan raja thifan ( turfan ), dan syufu Taesyukhan/ gerakan bangsawan raja syufu ( kasygar ).

Thifan Pokhan mengutamakan tehnik- tehnik bertarung tingkat tinggi dan kecepatan serta kelincahan gerak, hingga lebih cocok digunakan oleh orang yang bertubuh kecil ( orang tartar, han, hui ), sedangkan Syufu taesyukhan mengutamakan kekuatan dan tehnik sederhana namun efektif seperti bantingan dan cengkraman, sehingga cocok digunakan oleh orang bertubuh besar ( uighur, turki, arab ). Tetapi dalam segala sesuatu didunia selalu ada perkecualian.

Adapun mengenai tokoh ini, masih kontroversi. Pendapat pertama bahwa tokoh ini benar adanya. Pendapat kedua bahwa nama Ahmad Syiharani adalah nama samaran, dikarenakan faktor keselamatan dan untuk menjaga kerahasiaan. Pendapat ketiga bahwa tokoh ini adalah samaran dari beberapa tokoh yang bersama menyusun kitab diatas.

Mengenai benar tidaknya pendapat- pendapat diatas, maka yang terpenting adalah bahwa Badur Ahmad Syiharani telah mewariskan dan mewakafkan ilmu yang berguna bagi umat manusia, khususnya umat islam.

Sumber:
1. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1023464&page=6
2. udin_plaut (kaskuser. UserID: 206816. Join Date: Sep 2006) http://www.kaskus.us
     /showthread.php?t=1023464

0 komentar:

Posting Komentar