MUKADIMAH ZHODAM

Syahdan mahasanya hampir setiap jenis ilmu pembelaan diri empunyai ceritera,
maka akan hal ihwal Syufu dan Thifan pun ada pula empunya ceritera itu, maka kuhimpun dan kususun ceritera ini berdasar alas kabar berkabar dan tiadalah ceritera itu ku beri bunga sehingga ada sebahagian tiadalah berujung pangkal.



Kashgar (Turkistan Timur) tahun 1935
Maka kutulis ceritera ini agar tamid kalian dapatlah memetik sari tauladan sehingga tiadalah kalian itu meremehkan ilmu, sanya sekalian ilmu itu mahal adanya dan mencahari ilmu itu tiadalah semudah dugaan kalian dan mengkaji ilmu dengan ceroboh itu hanya akan menumbuhkan hasil yang hampa seumpama butir-butir gandum yang tiada bernas untuk makanan keledaipun tiada bermanfaat.


Maka kunamakan ceritera itu hikayah dan tiadalah kunamakan tarikh/sajarah, karena sajarah itu harus berpokok yang berakarkan bukti-bukti dan kesaksian akan hal suatu kejadian masa dahulu dan kini.


Ayuhai tamidku kalian; kalian harus pandai bertimbang fikir, kalian harus pandai bertekun teliti, kalianpun harus tekun berlatih diri, lalu kalian mencoba menjawab bisikan hati-hatimu sendiri : kata hati :”Benarlah ada sudah terjadi keistimewaan dan pengurbanan lanah pedekar itu!”.



Sumber:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1023464&page=6

1 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum dimana saya bisa dapatkan kitab zhodam tendngar kbr siar ktb zhodam yang asl sbnyk 40 jilid, adpun yg skr cman ringkasan saja.Bgm dimana saya bs mendaptkanya?

Posting Komentar